Kembali

Alhamdulillah seiring proses dan perjalanan pembelajaran membaca-menulis kini aku memiliki beberapa pembaca. Tidak banyak. Tapi cukup memantik semangatku untuk kembali menari dalam rangkaian aksara. Cukup lama berhenti menulis membuatku sedikit memecut imajinasi-imajinasi yang sempat mati suri. Setelah lakon ritual pada April 2015, aku memotong kinerja jemari. Walaupun sempat menulis narasi-narasi dan mengumpulkan beberapa Bab untuk Novel (yang sudah RIP).

Setelah mendalami naskah lakon (drama) cukup lama. Jatuh Cinta dan mabuk kepayang. Sampai tugas akhir untuk mendapatkan gelar sarjana pun tentang naskah lakon. Benar, aku sangat mencintai naskah lakon lebih dari tugas perkuliahku. Tapi kini, aku berpaling. Menulis cerita-cerita pendek dan mengisahkan banyak orang. Imajinasiku tidak lagi di kotak-kotaki dengan kebutuhan panggung. Imajinasiku bebas seutuhnya. Bebas melukis aksara. Aku mampu melukis Bolshoi, melukis manado, dan masih banyak lagi. Aku tidak lagi memikirkan aktor atau apapun. Aku bebas menciptakan tokoh dengan ragam warna dan nuansa, bahkan temparaturnya.

Aku jatuh cinta kembali kepada kegiatan menulis, walau dengan wacana yang berbeda. Aku bahagia. Benar-benar bahagia. Seperti kembali merasakan jatuh cinta pada orang yang berbeda. Walaupun, entah kapan. Kekecewaan pasti akan menambah warna perjalanan ini. Setidaknya, aku sudah pernah merasakannya. Barangkali tidak terlalu kaget dengan sakitnya. Tapi. Aku masih mencintai naskah lakon. Terimakasih naskah lakon telah membawaku pada keberanian untuk bermimpi. Terimakasih pula kepada orang-orang yang mengiringku pada proses ini.

Leave a Reply

